Communications
Vol 5 No 1 (2023): Communications

KOMUNIKASI KEBENCANAAN : PERAN DAN MANFAAT PADA MITIGASI

Muhammad Hilmy Aziz (Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Upaya mitigasi sangat penting untuk dilakukan di daerah rawan bencana salah satunya adalah dalam bantuk pengembangan komunikasi kebencanaan yang efektif. Mempersiapkan masyarakat di daerah rawan bencana tentu harus senantiasa dilakukan. Informasi yang memadai menjadi hal utama yang dibutuhkan di daerah dengan potensi bencana selain daripada pelatihan dan internalisasi kebiasaan menghadapi situasi bencana yang dilakukan secara berkelanjutan. Komunikasi kebencanaan yang optimalisasi menghasilkan kebermanfaatkan komunikasi dalam rangka mitigasi bencana. Pada penlitian ini memfokuskan pada peran serta manfaat komunikasi kebencanaan di dalam upaya mitigasi bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi pengembangan dari Francis & Baldesari (2006) yaitu meta-sintesis sebagai metode systematic review kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta manfaat komunikasi kebencanaan dalam mitigasi memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Beberapa diantaranya peran komunikasi kebencanaan dalam rangka mitigasi dapat memberikan rule atau pedoman kepada masyarakat. Pada penjelasan lain diartikan sebagai life course. Dalam tataran manfaat komunikasi kebencanaan memiliki beberapa aspek yang dapat menginternalisasi masyarakat secara holistik. Hal tersebut diantaranya seperti dapat mengubah sikap (to change the attitude), dapat mengubah opini atau pendapat atau pandangan (to change the opinion), dapat mengubah perilaku (to change the behavior), dan dapat mengubah masyarakat (to change the society).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

communications

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, ...