Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2023

PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN STRATEGI IMPLEMENTASI E-CRM PADA TOKO GUCCI SHOES BUNUT

William Ramdhan (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Elly Rahayu (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Nurwati Nurwati (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Aidil Adi Suhendra (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Roni Dalimunthe (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Era era society 5.0 menghadirkan konsekuensi besar dalam dunia bisnis, dimana semua proses kegiatan bisnis sudah sangat melekat dengan teknologi. Selain itu dampak Pandemi Covid–19 mengubah perilaku aktivitas dan perilaku masyarakat Indonesia, terutama saat berbelanja. Kegiatan perekonimian menggunakan gaya tradisional, kini mereka lebih banyak mengadopsi gaya digital dengan memanfaatakan teknologi. Gucci Shoes Bunut dalam proses bibisnya masih melakukan cara konvensional hal ini memberikan dampak menurunnya pelanggan serta sangat sulit dalam melakukan proses pemasaran produk yang dihasilkan. Seiring berkembangnya teknologi informasi, maka perlu diterapkan suatu strategi yang lebih baik dengan cara mengimplementasikan suatu produk teknologi komunikasi informasi yang dapat membantu usaha ini menjadi lebih efektif dalam meningkatkan layanan marketing dan customer support, serta dapat menunjang pengambilan keputusan yang lebih baik bagi pemilik usaha. Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi perusahaan yang digunakan untuk memanjakan pelanggan agar tidak berpaling kepada pesaing serta merupakan upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penerapan sistem berbasis web dengan mengimplementasikan konsep CRM pada Gucci Bunut Shoes merupakan starategi yang tepat pada masa saat ini, dimana mampu menjawab tantangan dalam untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan yang dilakukan secara komputerisasi. Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Pelanggan, Gucci Shoes Bunut

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...