Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa pada materi program liniear. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikampek yang terdaftar pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yang digunakan oleh peneliti diambil menggunakan teknik Sampling Kuota dengan jumlah kuota yang diinginkan sebanyak 35 siswa pada kelas XI. Pengumpulan data yang dslakukan dengan tes dalam bentuk soal uraian sebanyak 1 butir soal yang keseluruhan mencangkup indikator kemampuan berpikir kompuatasi matematis yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir alogaritma. Dari hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata dari 35 siswa sebesar 67,39 dengan nilai minimum sebesar 37,50 dan nilai maksimum sebesar 100. Kemampuan berpikir komputasional siswa dapat dikategorikan menjadi 5 kategori yaitu : pada kategori sangat baik terdapat 3 siswa dengan presentase 8%, kategori baik terdapat 6 siswa dengan presentase 17%, kategori cukup terdapat 15 siswa dengan presentase 43%, kategori rendah terdapat 9 siswa dengan presentase 26%, dan pada kategori sangat rendah terdapat 2 siswa dengan presentase 6%. Dapat disimpulkan bahwa siswa pada kategori baik sudah mampu memenuhi semua indikator namun kurang sempurna pada indikator berpikir abstraksi.
Copyrights © 2023