Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan soal open-ended dan mendeskripsikan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM) peserta didik ditinjau dari Self-Regulated Learning (SRL). Metode yang digunakan adalah metode campuran dengan desain eksplanatori sekuensial. Dalam penelitian ini diambil 6 subjek penelitian berdasarkan tingkat SRL pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati tahun pelajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran CPS berbantuan soal open-ended efektif terhadap KBKM peserta didik, dan (2) subjek penelitian dengan kategori SRL tinggi mampu memenuhi semua indikator KBKM, yakni fluency, flexibility, originality, dan elaboration; subjek penelitian dengan kategori SRL sedang hanya memenuhi tiga indikator KBKM, yakni fluency, originality, dan elaboration; subjek penelitian dengan kategori SRL rendah hanya memenuhi satu indikator KBKM, yakni fluency. Rekomendasi kepada peserta didik dengan tingkat SRL rendah yang belum mampu mencapai indikator flexibility, originality dan elaboration dengan memberikan tugas secara mandiri dan melakukan tutor sebaya.
Copyrights © 2023