Pentingnya kepemilikan dokumen administrasi kependudukan bagi warga negara Indonesia merupakan hal yang diketahui semua elemen masyarakat. Namun, informasi tersebut sangat sulit untuk diindahkan oleh sebagian warga. Dengan berbagai alasan, warga tidak melakukan pengajuan permohonan beberapa dokumen kependudukan. Berangkat dari permasalahan tersebut, Pemkot Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berusaha untuk terus berinovasi supaya bisa menekan tingginya tingkat keacuhan warga Kota Surabaya. Inovasi tersebut adalah KALIMASADA (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Adminduk). Sebagai salah satu kawasan yang memiliki tingkat kesadaran kurang dalam kepemilikan administrasi kependudukan. Berlandaskan esensi dari program KALIMASADA yakni memberikan warga kemudahan dalam pengajuan dokumen adminduk melalui level terdekat warga yakni RT diharapkan bisa mengurangi angka warga yang belum sadar adminduk. Penulis melalui program magang MSIB Batch 3 ini berusaha untuk melakukan optimalisasi KALIMASADA dengan pembentukan RT Rintisan, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada warga Kota Surabaya untuk mengakses pelayanan melalui ketua RT. Adapun harapan kami agar nantinya tidak hanya RT-RT pilihan saja yang bisa menerapkan program KALIMASADA di lingkungannya, melainkan keseluruhan RT di Surabaya mampu memberikan pelayanan kepada warganya. Sehingga warga tidak perlu pergi menuju Gedung Siola jika hanya permasalahan yang bisa diatasi oleh Ketua RT.
Copyrights © 2023