EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar

Efridawati Sikumbang (Sekolah Dasar Negeri 157019 Pinangsori 12)
Putra Mahendra Gunawan Nasution (STIT MUHAMMADIYAH SIBOLGA/TAPANULI TENGAH)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Konsep merdeka belajar diyakini mampu menjadi akternatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan konsep tersebut dapat menciptakan siswa mampu berfikir secara kritis, bebas, mandiri, dan memiliki rasa ingin tahu. Maka diperlukan kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep tersebut di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan kajian literatur dengan menyiapkan dan mengumpulkan bahan penelitian berupa hasil pustaka dari artikel ilmiah jurnal nasional dan internasional dan berbagai buku yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala sekolah mengimplementasikan program yang mendorong terlaksananya merdeka belajar di sekolah; 2) mendukung pendidik bersikap terbuka sehingga senang belajar; 3) mendorong siswa untuk siap dan mood dalam pembelajaran, sehingga dapat berpikir kritis, memiliki rasa ingin tahu, dan berperan secara aktif dalam proses belajar mengajar; 4) mengikutsertakan secara aktif wali siswa dan masyarakat setempat untuk berperan dalam mengawasi prestasi belajar peserta didik serta mendorong kerja sama antara sekolah, lingkungan masyarakat, dan tempat tinggal; 5) kerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk menyelenggarakan kursus seminar dan workshop untuk guna peningkatan kualifikasi pendidik dan menyiapkan pembimbing untuk pelaksanaan merdeka belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...