Bengkayang. merupakan salah satu daerah yang mempunyai UMKM yang cukup potensial dalam mendukung meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta sebagai penggerak terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi pengangguran. Sebagai wujud nyata dalam menggerakan ekonomi, UMKM harus mampu bersaing, melalui strategi yang dikembangkan. Masih banyaknya para pelaku UMKM dikota Bengkayang yang belum memiliki pengetahuan pemasaran sehingga usahanya tidak dapat berkembang dengan baik. Strategi marketing mix dengan lebih meningkatkan produk yang berkualitas, inovasi produk, pengembangan produk, tempat yang nyaman untuk menjual produk, lokasi usaha, tata letak, layout, aroma, interior penting dalam meraih minat konsumen, harga yang terjangkau, tidak membeda bedakan harga dengan konsumen, promosi yang dilakukan sesuai dengan selera pasar, menggunakan market place, digital marketing, brand, logo salah satu strategi yang ampuh dalam mempertahankan pelanggan. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi para pelaku UMKM di kota Bengkayang sebagai mitra. Dengan optimalnya strategi pemasaran ini nantinya dapat meningkatkan penjualan dan solusi untuk meningkatkan perkembangan UMKM di kota Bengkayang. Pendampingan dilaksanakan dengan cara memberikan literasi pemahaman tentang pentingnya pengetauan pemasaran, mendampingi dalam pentingnya layout tata letak tempat usaha, dengan implementasi sarana teknologi informasi untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini.
Copyrights © 2023