Jurnal Amplifier: Jurnal Ilmiah Bidang Teknik Elektro dan Komputer
Vol. 12 No. 2 (2022): Amplifier November No. 2 2022

Sistem Pakar Certainty Factor Berbasis Andorid Untuk Identifikasi Kecocokan Lahan Teknologi Salibu

Fitrilina Fitrilina ((Scopus ID: 56516983700) Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu, Bengkulu,)
Rifky Syafrizal (Jurusan Teknik Elektro FT Universitas Andalas)
Melda Latif (Jurusan Sistem Informasi FTI Universitas Andalas)
Ullya Mega Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Indonesi merupakan Negara dengan konsumsi tanaman padi tertinggi di dunia. Pemerintah mentargetkan swasembada beras sehingga terus mengusahakan peningkatan produktivitas padi nasional. Salah satu solusinya adalah dengan mengembangkan teknologi Salibu. Pengembangan Teknologi Salibu selain memberi banyak keuntungan juga memiliki kendala, seperti tidak semua daerah dapat menerapkan teknik ini dan tenaga ahli yang masih kurang dan belum tersebar. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang suatu aplikasi yang mampu merekomendasikan kondisi suatu daerah Cocok atau Tidak Cocok atau Cocok Bersyarat untuk diterapkan teknologi Salibu. Aplikasi yang dirancang menggunakan sistem pakar dengan metode Certainty Factor dan interface Android. Hasil yang didapat interface berkerja dengan baik. Tingkat akurasi 91,11 % dan kepuasan pengguna 90,5 %. Oleh karena itu dapat dikatakan aplikasi sistem pakar untuk mengidentifikasi kecocokan suatu daerah menerapakan tekonologi Salibu telah dapat digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamplifier

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Amplifier: Jurnal Ilmiah Bidang Teknik Elektro dan Komputer is a scientific communication media which is issued by the Study Programme of Electrical Technic, Faculty of Technic, the University of Bengkulu, with the p-ISSN 2089-2020 and e-ISSN 2622-2000. It is published twice a year in the ...