Saat ini, pengolahan data manajemen yang ada di Perusahaan ABC dikatakan masihmenggunakan cara yang tradisional atau manual, sehingga menyebabkan beberapa kendaladiantaranya yaitu pengarsipan data yang belum teratur dan tentunya akan mengakibatkanpencarian data sulit untuk dilakukan menjadi acuan dibangunnya sistem informasi manajemenyang dapat memberikan informasi mengenai kegiatan manajemen di Perusahaan ABC tersebut.Sistem Informasi ini yang akan dibangun menggunakan metode penelitian deskriptif denganjenis penelitian studi kasus pada perusahaan, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan,antara lain yaitu observasi, wawancara, dan studi literatur. Untuk teknik analisis datamenggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak dengan waterfall, sedangkan modelanalisis menggunakan analisis terstruktur yaitu Entity Relationship Diagram (ERD) dalammenggambarkan model data dan Flowchart untuk menggambarkan model fungsional. Datayang diolah dalam sistem ini diantaranya adalah data karyawan, data jabatan, data golongan,data gaji. Sedangkan keluaran dari sistem berupa laporan pegawai, laporan gaji pegawai,laporan tunjangan jabatan, golongan dan laporan potongan. Pelayanan Observasi Sistempenggajian yang diterapkan oleh Perusahaan ABC adalah bulanan, tidak menggunakan sistemupah harian. Gaji dibayarkan kepada pegawai yang benar-benar tercatat sebagai pegawai yangsah dalam daftar induk pegawai dengan memperhatikan fungsi-fungsi : Fungsi Kepegawaian,Fungsi Pencatat Kehadiran, Fungsi Pembuat Daftar Gaji, Fungsi Akuntansi dan FungsiKeuangan.
Copyrights © 2014