Manajemen laba yaitu kebijakan yang di pilih oleh pihak manajemen untuk mempengaruhi laba dengan memperhatikan standar akuntansi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perencanaan pajak, ukuran perusahaan, beban pajak tangguhan, profitabilitas dan leverage terhadap manajemen laba. Penelitian menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan, jurnal, dan buku terkait. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020 dengan populasi sebanyak 56 perusahaan dan sampel 23 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan, perencanaan pajak, ukuran perusahaan, beban pajak tangguhan dan leverage secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan perencanaan pajak, ukuran perusahaan, beban pajak tangguhan, profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap maanjemen laba.
Copyrights © 2023