Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah Guru Kelas SDN Pakapuran Kacil 2 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan berjumlah 6 orang. Analisis data dilakukan dengan menggali data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan KKG mini aktivitas peneliti mengalami peningkatan. Pada siklus I terlaksana 75% (kriteria baik) meningkat sebesar 12,5% sehingga menjadi 87,5 % (kriteria amat baik). Aktifitas guru dalam melaksanakan penyusunan tes hasil belajar melalui KKG Mini meningkat 22 %. Demikian juga dengan kemampuan menyusun tes hasil belajar dapat meningkat. Pada siklus I rata-rata 50% (kriteria kurang baik) menjadi 100% (kriteria amat baik) di siklus II (meningkat 50%). Bagi guru, hendaknya selalu aktif mengikuti kegiatan KKG agar dapat meningkatkan kemampuan menyusun Tes Hasil Belajar yang baik sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sehingga meningkatkan kompetensi profesional. Bagi siswa, hendaknya sungguh-sungguh dalam mengerjakan tes hasil belajar yang tepat untuk mengetahui kompetensi yang dicapainya. Bagi sekolah, hendaknya menggunakan tes hasil belajar yang baik agar dapat digunakan sebagai pedoman pengukuran bagi sekolah untuk mengetahui sudah memenuhi standart atau belum.
Copyrights © 2020