JAKTABANGUN: Jurnal Akuntansi dan Pembangunan
Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi dan Pembangunan

PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DI ACEH DALAM KONTEKS EKONOMI ISLAM (Studi Evaluatif Terhadap Program BKPG di Kecamatan Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara)

STIE Lhokseumawe (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

AbstrakTingginya angka kemiskinan dan tertinggalnya pembangunan infrastrukturgampong membuat pemerintah Aceh mengambil langkah dan inisiatif untukpemberdayaan ekonomi dan pembangunan fisik gampong untuk masyarakatmelalui Program Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong (BKPG). Adapun tujuandari penelitian ini adalah: Pertama, Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaanpemberdayaan ekonomi perempuan melalui program Bantuan KeuanganPeumakmu Gampong (BKPG) di Kecamatan Simpang Keuramat Kabupaten AcehUtara. Kedua, Untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan ekonomi perempuanmelalui program Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong (BKPG) di KecamatanSimpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara menurut pandangan Ekonomi Islam.Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif denganjenis penelitian deskriptif analisis yang imformannya terdiri dari para penerimadana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang ada di Gampong-gampong padakecamatan Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengumpulan datadengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpuldianalisis dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini dapatdiketahui bahwa pelaksanaan pemberdayaan ekonomi perempuan melaluiprogram BKPG di Kecamatan Simpang Keuramat berdasarkan data di lapanganyang penulis peroleh sangatlah tidak sesuai dengan perencanaan program BKPGdan tidak sesuai dengan pemberdayaan berdasar pemberdayaan ekonomi dalamIslam, karena terdapat unsur riba pada penetapan fee jasa pinjaman sebesar12%. Seharusnya BKPG ini dimanfaatkan sebagai modal pemberdayaan ekonomidengan cara bagi hasil, sebab dana yang diberikan pemerintah pusat kepadapemerintahan Aceh bertujuan dana tersebut dikelola dengan memberdayakanekonomi masyarakat.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jtb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

JAKTABANGUN (Jurnal of Accounting and Development Economics) is a peer-reviewed journal that publishes research articles and theoretical articles in the fields of development economics, accounting, management and business. This journal provides open access which allows articles to be made freely ...