JAKTABANGUN: Jurnal Akuntansi dan Pembangunan
Vol. 10 No. 1 (2024): JAKTABANGUN: Jurnal Akuntansi dan Pembangunan

Kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan Industri Rumah Tangga (Pisang Sale) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga”(Studi di Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara)

Dicky Armanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Fokus penelitian ini tentang  “Kebijakan Pemerintah dalam Peemberdayaan  Industri Rumah Tangga untuk Meningkatkan Kesejahreraan Keluarga” dengan mengambil lokasi penelitian di Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan industri rumah tangga (pisang sale) beserta hambatannya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.  Jenis penelitian yang digunakan termasuk dalam pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan  teknik  memperoleh data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data ditempuh melalui koleksi data, mereduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan (verifikasi). Adapun Informan yang digunakan sebanyak 11 orang yang ditentukan secara purposif  terdiri  dari Camat, tokoh masyarakat, geuchik gampong dan pengelola usaha industri rumahtangga di Kecamatan Langkahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam memberdayakan industri rumah tangga (pisang sale) diwujudkan melalui tindakan pemberian penyadaran, pemberian kapsitas intelektual (sumberdaya manusia) seperti kemampuan, pengetahuan, keterampilan, fasilitasi modal usaha. Peramasalahannya bahwa  21 industri rumah tangga di Kecamatan Langkahan menghasilkan pendapatan rata-rata Rp.5.000.000 hingga Rp.7.000.000 perbulan. Namun belum mampu mengembangkan usahanya secara maksimal dan kontinyu, karena pemerintah tidak pernah melakukan pemberdayaan. Kesimpulan bahwa kebijakan  pemerintah dalam pemberdayaan industri rumah tangga diwujudkan melalui tindakan pemberian penyadaran, pemberian kapasitas intelekyual  (sumber daya manusia) seperti pengetahuan, pengetahuan dan keterampilan, fasilitasi modal usaha. Kebijakan tersebut belum terwujud secara efektif, karena masih ada berbagai hambatan  seperti rendahnya kesadaran individu, minimnya sumber daya manusia seperti kemampuan, pengetahuan dan keterampilan, terbatasnya modal kerja, minimnya aktivitas pemasaran serta terbatasnya bahan baku. Disarankan agar pemerintah dapat melakukan tindakan pemberdayaan bagi usaha industri rumah tangga, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga, meningkatkan sumber daya manusia, mempermudah akses permodalan, dan memperluas aktivitas pemasaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

JAKTABANGUN (Jurnal of Accounting and Development Economics) is a peer-reviewed journal that publishes research articles and theoretical articles in the fields of development economics, accounting, management and business. This journal provides open access which allows articles to be made freely ...