Pembelajaran secara daring memiliki keterbatasan yaitu keterbatasan fasilitas yang dimiliki mahasiswa, kurangnya motivasi mahasiswa belajar matematika, mahasiswa yang diluar kota mengalami kendala pada jaringan internet serta rendahnya ekonomi orang tua mahasiswa juga menjadi keterbatasan dari pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh metode pembelajaran Flipped Classroom terhadap pemahaman konsep matematika. Metode penelitianyang digunakan yaitu kuantitatif dengan disain quasi eksperimental design. Sampel penelitian yaitu mahasiswa semester IA STIT Al-Quraniyah Manna. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah 83,33% penerapan metode Flipped Classroom dalam mata kuliah matematika II dapat dinyatakan berhasil membuat mahasiswa aktif selama proses perkuliahan.Terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika mahasiswa antara sebelum menggunakan Flipped Classroom dan setelah menggunakan Flipped Classroom yaitu sebesar 9,42%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Flipped Classroom terhadap pemahaman konsep matematika mahasiwa STIT AL-Quraniyah Manna.
Copyrights © 2022