Journal of Hospital Management
Vol 4, No 02 (2021): Journal of Hospital Management

Analisis Kepuasan Pasie BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Kota Bogor




Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Kepuasan merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam mengukur pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Diberlakukannya program BPJS oleh pemerintah menyebabkan jumlah pasien yang berobat ke Rumah Sakit semakin meningkat setiap harinya.. Berdasarkan survey kepuasan pelanggan yang telah dilakukan sebelumnya diperoleh kepuasan sebesar 85,7%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Bogor tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat jalan BPJS Kesehatan di RSUD Kota Bogor di bulan Januari-Juni 2021 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yang diperoleh menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data diuji dan dianalisis menggunakan software computer (SPSS for windows). Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil kepuasan pasien BPJS Kesehatan secara keseluruhan adalah 70% dengan kepuasan dari dimensi tangible sebesar 56%, dimensi reliability sebesar 77%, dimensi responsiveness sebesar 65%, dimensi assurance sebesar 88%, dan dimensi emphaty sebesar 78%. Oleh karena itu rumah sakit diharapkan bisa meningkatkan kepuasan pasien dengan cara menjaga sarana prasarana agar tetap berfungsi dengan baik dan apabila ada sarana prasarana yang rusak bisa segera diperbaiki atau diganti serta menjaga ruangan pelayanan beserta fasilitas yang ada didalamnya agar tetap bersih, dan terawat agar pasien bisa merasa lebih nyaman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

johm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions

Description

ournal of Hospital Management adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang manajemen administrasi rumah sakit. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Maret dan ...