JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER
Vol 9, No 1 (2011)

POSITIONING TELEPON SELULER GSM SISTEM PRABAYAR DI KALANGAN MAHASISWA KOTA JEMBER

Dimyati, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning operator telepon seluler GSM sistem prabayar berdasarkan persepsi mahasiswa di kota Banyuwangi terhadap kemiripan atribut determinan yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, proses, orang, dan bukti fisik masing-masing operator telepon seluler. Sampel penelitian sebanyak 60 responden diabil dengan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan, sertapositioning operator telepon seluler GSM sistem prabayar (Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan AXIS). Hasil analaisis menunjukkan bahwa operator telepon seluler GSM sistem prabayar merek AXIS merupakan pesaing terdekat atau pesaing langsung dari merek Telkomsel terutama menyangkut atribut: promosi, lokasi, dan proses. Operator XL dan Three tidak mempunyai pesaing langsung karena memiliki perbedaan yang jelas/unik. Operator Indosat tidak memiliki positioning yang kuat/jelas, karena tidak mempunyai banyak kemiripan dan juga tidak mempunyai banyak perbedaan dengan operator lain di benak mahasiswa. Kata Kunci : positioning, persepsi mahasiswa, atribut determinan.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JAUJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Universitas Jember dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah di antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, pembaca yang berminat dan masyarakat pada umumnya. Jurnal Akuntansi Universitas Jember terbit setahun 2 (dua) kali pada setiap bulan Juni dan Desember. ...