Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 2 No. 1 (2023)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MTS NEGERI 10 JAKARTA MELALUI METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION)

Raihan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks recount, khususnya pada mata pelajaran bahasa inggris. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis sebuah teks recount pada siswa kelas IX MTs Negeri 10 Jakarta. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IX MTs Negeri 10 Jakarta dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode CIRC pada mata pelajaran Bahasa Inggris, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan dalam menulis dari sebelum tindakan pra siklus, Siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks recount hanya 40% dengan kategori ”Tidak bagus”. Pada siklus I kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks recount meningkat dengan persentase 61% dengan kategori ”cukup”. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks recount mengalami peningkatan dengan sangat memuaskan dengan persentase 93% dengan kategori ”sangat bagus”. Keadaan ini menunjukkan bahwa menulis berbahasa inggris melalui metode CIRC dapat dikatakan meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...