Prosiding KPSDA
Vol 1, No 1 (2015): Prosiding KPSDA 2015

Potensi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPA di SMP

Parmin, Parmin ( Prodi Pendidikan IPA Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2015

Abstract

Masyarakat telah mengembangkan sistem pengetahuan dan teknologi yang asli sebagai suatu kearifan lokal (indigenous or local knowledge), mencakup berbagai macam cara untuk mengatasi permasalahan kehidupan, seperti pengolahan sumber daya lingkungan. Pengungkapan kearifan lokal melalui pembelajaran IPA memiliki arti penting untuk menguatkan penerapan konsep yang telah dipelajari. Pengintegrasian kearifan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan, diawali dengan melakukan analisis kompetensi dasar IPA. Tujuan dari analisis, untuk menentukan bentuk kearifan lokal yang sesuai dengan konsep yang dipelajari, agar siswa tetap mengkaji konsep secara utuh sedangkan kearifan lokal sebagai suplemen. Hasil penelitian menunjukkan, mahasiswa calon guru memiliki kemampuan mengidentifikasi kearifan lokal sesuai konsep IPA, setelah melakukan wawancara, observasi, dan kajian literatur. Simpulan dari penelitian ini, untuk melatih keterampilan ilmiah mahasiswa dalam mengintegrasikan konsep IPA dengan kearifan lokal, diterapkan tiga metode pengungkapan kearifan lokal di masyarakat, terbukti dapat saling melengkapi informasi yang diperoleh.

Copyrights © 2015