Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 1 (2021)

Pelatihan Perancangan Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Berbasis Dalam Jaringan (Daring) terhadap Guru Lingkup Yayasan PPKS Surakarta

Risya Pramana Situmorang (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2021

Abstract

ABSTRACT The digital-based learning by using the internet can be a solution that applicable to build learning interactions between teachers and students during the Covid-19 pandemic. The purpose of this community service activity (PkM) is to assist teachers from PPKS Foundation to design innovative learning and courage-based assessments. This activity was used an active learning approach that directed each participant to contribute actively in designing learning tools. The data technique used a questionnaire, interviews, and lesson plan as supporting document. The results showed that junior high school teachers contribute high participation in designing an online lesson plan, while vocational teachers had a higher variety about using digital devices in other to online platforms. Priority recommendations in PkM activities were that there was a need for an assessment of cognitive and motoric skill evaluation reviewed from another level, starting from kindergarten to vocational school, training for learning tools by colleagues, and support for novice teachers that need to be done through sharing knowledge with teachers who already have a lot of experience. ABSTRAK Pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan internet menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk membangun interaksi pembelajaran antara guru dan peserta didik pada masa Pandemi Covid 19. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah melakukan pendampingan kepada guru Yayasan PPKS untuk mendesain pembelajaran inovatif dan asesmen berbasis daring. Kegiatan PkM ini menggunakan pendekatan participant active learning yang mengarahkan setiap peserta berkonstribusi aktif untuk mendesain perangkat pembelajaran dan penilaian secara daring. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumen pendukung berupa perangkat pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa guru pada jenjang SMP memiliki partisipasi yang tinggi dalam merancang perangkat pembelajaran, sementara guru SMK memiliki variasi yang lebih tinggi terkait penggunaan platform digital untuk pengajaran. Rekomendasi prioritas dalam kegiatan PkM adalah perlu adanya pendapingan tentang evaluasi kognitif dan keterampilan per jenjang dimulai dari TK hingga SMK, pelatihan perangkat pembelajaran oleh rekan sekerja dan dukungan bagi guru pemula perlu dilakukan melalui sharing pengetahuan dengan guru-guru yang telah memiliki banyak pengalaman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jms

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat (JMS) merupakan ajang penyajian hasil kegiatan pengabdian masyarakat dengan akses terbuka bagi para insan akademisi, peneliti, mahasiswa, dosen maupun praktisi. JMSmerupakan publikasi berkala yang diterbitkan Universitas Kristen Satya Wacana ...