Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Padang, terdapat siswa autisme berusia 14 tahun . Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh alat trigonal pencil  dalam meningkatkan keterampilan pramenulis pada anak gangguan spektrum autisme di SLB N 2 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A - B - A. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A1) secara kontiniu selama 4 kali, memberikan intervensi dengan menggunakan alat trigonal pencil (B) dilakukan selama 8 kali, melihat kondisi baseline yang kedua (A2) selama 5kali. Hasil analisis keterampilan pramenulis. Pada kondisi baseline (A1) dengan mean level 39,425. Kemudian pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 52,2. dan kondisi baseline A2 dengan kemampuan anak meningkat dengan mean level 79,98. Dari data yang didapat dari penelitian ini, menunjukkan trigonal pencil efektif untuk meningkat keterampilan pramenulis pada anak gangguan spektrum autisme di SLB N 2 Padang. ivated by the problems found in SLB N 2 Padang, there are students with autism aged 14 years.Â
Copyrights © 2023