E-JUPEKhu
Vol 11, No 1 (2023)

Efektivitas Alat Trigonal Pencil Untuk Meningkatkan Keterampilan Pramenulis Pada Anak Gangguang Spektrum Autisme

Nadia Nadia (Universitas Negeri Padang)
Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Padang, terdapat  siswa autisme berusia 14 tahun . Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh alat trigonal pencil  dalam meningkatkan keterampilan pramenulis pada anak gangguan spektrum autisme di SLB N 2 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A - B - A. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A1) secara kontiniu selama 4 kali, memberikan intervensi dengan menggunakan alat trigonal pencil (B) dilakukan selama 8 kali, melihat kondisi baseline yang kedua (A2) selama 5kali. Hasil analisis keterampilan pramenulis. Pada kondisi baseline (A1) dengan mean level 39,425. Kemudian pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 52,2. dan kondisi baseline A2 dengan kemampuan anak meningkat dengan mean level 79,98. Dari data yang didapat dari penelitian ini, menunjukkan trigonal pencil efektif untuk meningkat keterampilan pramenulis pada anak gangguan spektrum autisme di SLB N 2 Padang. ivated by the problems found in SLB N 2 Padang, there are students with autism aged 14 years. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...