AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan
Vol 15, No 1 (2023): AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan

Analysis of Teacher Readiness in Welcoming the "Merdeka Belajar" Policy

Intan Jamilah (Universitas Negeri Yogyakarta)
Rahayu Condro Murti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Irul Khotijah (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Pemerintah Indonesia saat ini menerapkan kurikulum baru yang dikenal dengan istilah "Merdeka Belajar" sebagai alternatif untuk mengatasi penurunan pembelajaran akibat Covid-19. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan 14 responden dari dua sekolah dasar di kecamatan Mojodedang, Karanganyar, Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik pengujian data triangulasi kemudian dilakukan analisis data menggunakan model Miles Huberman. Hasil penelitian ini yaitu kesiapan guru sekolah dasar dalam menyongsong kurikulum baru dengan empat kebijakan pokok yang dikaji melalui kesiapan fisik, psikologis, pengetahuan dan materiil. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa; (1) kesiapan fisik dalam kategori baik dimana guru mempunyai riwayat kesehatan yang baik untuk menyambut kurikulum baru di sekolahnya; (2) kesiapan psikologis dalam kategori cukup dimana guru mempunyai rasa ketertarikan dan motivasi untuk menyambut kurikulum baru namun dalam prosesnya masih banyak yang harus dipelajari oleh guru; (3) kesiapan pengetahuan dimana guru mempunyai pemahaman yang tinggi dalam penyusunan RPP (modul ajar) dan sistem PPDB zonasi sedangkan pemahaman yang masih kurang pada aspek USBN dan UN; (4) kesiapan materiil berada pada kategori baik dimana sekolah telah menyediakan sarana prasarana dalam kondisi yang baik sesuai dengan Permendikbud No. 26 tahun 2016 sedangkan sarana prasarana untuk guru melalui kegiatan berdiskusi dan pelatihan tentang pengembangan kurikulum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alishlah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AL-ISHLAH: Journal of Education, published by LP2M STAI Hubbulwathan Duri. The subject covers education, teaching and learning method, islamic study, educational psychology, and educational ...