Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan RM Melayu di Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pelanggan RM Melayu. Penulis menetapkan sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi (R), analisis koefisien determinasi (R2), dan uji kelayakan model (uji F).Hasil pengujian menunjukkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 0,758 + 0,841X. Nilai koefisien korelasi (R) yang diperoleh adalah sebesar 0,767, artinya bahwa hubungan antara variabel kualitas pelayanan dan variabel loyalitas pelanggan adalah kuat. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,589. Hal ini berarti bahwa kontribusi variabel kualitas pelayanan terhadap variabel loyalitas pelanggan sebesar 58,9%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 41,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai Fhitung 140,258 > Ftabel 3,93, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya model regresi linier sederhana dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas pelanggan yang dipengaruhi kualitas pelayanan pada RM Melayu di Kabupaten Kubu Raya.
Copyrights © 2022