MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI CITY BRANDING DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitatif Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Suroboyobus sebagai City Branding oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya)

Jihan Nabilah (single)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

ABSTRAK Dinas Perhubungan Kota Surabaya memanfaatkan media sosial yaitu media sosial Instagram (dengan akun @suroboyobus) sebagai tempat untuk berbagi informasi terkait bus baru dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Dengan adanya akun Instagram tersebut, diharapkan masyarakat khususnya pengguna Instagram baik dari dalam ataupun luar Kota Surabaya dapat lebih mengenal alat transportasi umum yang telah difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami serta menjelaskan secara detail mengenai pemanfaatan media sosial Instagram sebagai city branding Dinas Perhubungan Kota Surabaya (studi deskriptif kualitatif pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus sebagai city branding oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berupa beberapa orang yang terkait dengan akun media sosial Instagram @suroboyobus seperti Humas Dinas Perhubungan Kota Surabaya, admin akun Instagram @suroboyobus, dan pengikut akun media sosial @suroboyobus. Sedangkan objek penelitian yaitu pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus sebagai media city branding bagi Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Hasil yang diperoleh oleh peneliti dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa kehadiran akun Instagram @suroboyobus menarik minat masyarakat, selain itu pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya dikelola dengan sangat baik dan telah berhasil sebagai salah satu upaya dalam city branding Kota Surabaya sebagai kota yang Smart City.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...