MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

PERAN PODCAST SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI PROGRAM KERJA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG

Bella Ayu Santhia (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Penyebaran informasi dapat digunakan melalui banyak media, salah satunya ialah podcast. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung menggunakan podcast karena melihat tingginya ketertarikan masyarakat terhadap podcast, serta masih jarangnya podcast yang membahas mengenai program kerja pemerintah. Dengan itu, untuk mengetahui peran podcast Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung dalam menyebarkan informasi, dibutuhkan perencanaan komunikasi sebagai upaya untuk meminimalisir hambatan yang terjadi selama proses komunikasi, diantaranya dengan melakukan penetapan komunikator, penetapan sasaran, penyusunan pesan, pemilihan media, serta efek dari komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung berperan sebagai komunikator untuk menyebarkan informasi program kerja, dengan sasaran ialah generasi Z dari usia 20-24 tahun. Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung juga melakukan penyusunan pesan dan pemilihan media. Media yang digunakan ialah podcast. Informasi yang disebarkan menimbulkan efek bagi sasaran berupa penambahan wawasan dan pengetahuan mengenai program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika dan Pemerintah Kota Bandung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...