Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

PENERAPAN METODE PICTURE TO PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN MATEMATIKA PADA KELAS III SDN 2 NARIMBANG MULIA

Anggi Rahmani (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)
Yadi Heryadi (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)
Ita Pursita (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode picture to picture dalam upaya meningkatkan menyelesaikan soal perkalian matematika pada kelas III SDN 2 Narimbang Mulia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data siswa kelas III yang berjumlah 37 siswa diperoleh dari hasil pembelajaran matematika. Hasil ini yaitu bahwa metode picture to picture yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal perkalian matematika pada kelas III SDN 2 Narimbang Mulia yang melibatkan langsung pada siklus I dan siklus II. Dari hasil yang terlihat dalam presentase ketuntasan belajar pada siklus II yaitu sebesar 81%. Maka dapat simpulkan bahwa penerapan dengan metode picture to pictire dianggap dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran perkalian matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...