Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 1 CIJORO PASIR RANGKASBITUNG

Ratu Melinda Mulia (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)
Habib Cahyono (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)
Anggi Rahmani (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media power point. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Cijoro Pasir dengan subjek sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi tindakan. Keempat tahapan tersebut dilakukan pada siklus I dan siklus II yang setai siklusnya dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran dengan menggunakan media power point. Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 1 Cijoro Pasir – Kecamatan Rangkasbitung – Kabupaten Lebak, tingkat hasil belajar IPA siswa masih kurang optimal yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, anak masih kurang tertarik dengan pembelajaran IPA. Salah satu penyebabnya karena kurangnya penggunaan media dan metode yang bervariatif sehingga hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dengan menggunakan media dan metode yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa, anak akan lebih antusias untuk belajar IPA. Hal ini menunjukan bahwa media power point dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi komponen ekosistem.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...