Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD

Desi Puspitasari (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)
Dine Trio Ratnasari (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)
Tjut Afrida (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SDN 1 Cijoro Pasir. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya materi wujud benda dan sifatnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar wujud benda dan sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 62,5 dengan persentase belajar kalsikal 66% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 73,8 dengan persentase 88%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...