Jurnal Mahasiswa Pendidikan JMP
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Mahasiswa Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE (WORDWALL) MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII di MTs. MUHAMMADIYAH 12 PALIRANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Idzi’ Layyinnati (Unknown)
Muhammad Rizki Firansyah (Unknown)
Helma Mazaya (Unknown)
Leni Istiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran digital yang layak secara teoritis dan empiris dalam bentuk website (wordwal) dengan didukung peningkatan hasil belajar dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan dengan obyek penelitian siswa di MTs. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four D models) define, design, develop dan disseminate tetapi tidak melakukan disseminate dengan desain uji coba menggunakan rancangan penerapan one group pretest postest design. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, angket, tes dan pengamatan sedangkan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: Variabel yang berkaitan dengan validitas website (wordwal) ditinjau dari kelayakanpada bidang teoritis dan empiris berturut-turut 82.5% dan 91.3; dan respon siswa sangat positif 80,3 %; penilaian hasil belajar siswa meningkat dari N-Gain 0.86 dengan kategori tinggi. Media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Abstract This research has purpose to produces learning materials that proper theoritically and empirically feasible digital learning media in the form of a website (wordwal) supported by increased learning outcomes and student responses to learning with the object of student research in MTs. This study uses a 4D development model (four D models) define, design, develop and disseminate but do not disseminate with a trial design using a one group pretest posttest design implementation. Collecting data using validation methods, questionnaires, tests and observations while data analysis is descriptive qualitative. The results of the study are: Variables related to the validity of the website (wordwal) in terms of feasibility in the theoretical and empirical fields, respectively 82.5% and 91.3 and very positive student responses 80.3%; assessment of student learning outcomes increased from N-Gain 0.86 with the high category. The media developed is suitable for use in learning and can improve student learning outcomes.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mahasiswa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

JMP adalah jurnal berkala STIT Muhammadiyah Paciran khusus mahasiswa pendidikan yang terbit dua kali dalam satu Tahun, April dan Oktober. Dewan penyunting menerima tulisan berupa kajian analisis atau hasil penelitian dalam pendidikan umum maupun pendidikan Islam. Panjang tulisan 15-20 halaman A4 ...