JURNAL ILMIAH MATEMATIKA (JIMAT)
Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)

Pengaruh Kemampuan Awal Matematika, Lingkungan Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Soleman Talib (Universitas Bumi Hijra Tidore)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung antara kemampuan awal matematika, lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.Pada dasarnya penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X Jurusan IPA SMA Negeri 9Tidore Kepulauan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 orang. Terdapat empat variabel yang dijadikan obyek penelitian, yakni dua variabel eksogenus yang meliputi kemampuan awal matematika dan lingkungan belajar serta variabel endogenus yang meliputi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data penelitian adalah: (a) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; (b) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika; (c) terdapat pengaruh langsung positif kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika; (d) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan awal matematika terhadap kemandirian belajar; (e) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT ...