Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Hubungan E-Leadership dan Kemampuan Penerapan Inovasi Teknologi Digital Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Tetriko Talibo (Universitas Negeri Gorontalo)
Ansar Ansar (Universitas Negeri Gorontalo)
Arifin Arifin (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan e-leadership dan kemampuan penerapan inovasi teknologi digital terhadap kinerja guru dalam pembelajaran jarak jauh, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dimana respondennya merupakan guru SMP Negeri di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (n=74). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis di uji normalitas, persamaan regresi, linearitas, dan analisis korelasi parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan e-leadership secara parsial memiliki signifikansi 73% terhadap kinerja, kemampuan penerapan inovasi teknologi digital secara parsial memiliki signifikansi 80% terhadap kinerja, dan secara simultan memiliki signifikansi 90% terhadap kinerja guru selama proses pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...