Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 8 No 1 (2023): Februari

EFISIENSI JARINGAN KOMPUTER DENGAN PENERAPAN FIREWALL MANGLE DAN BANDWIDTH LIMIT DENGAN METODE PER CONNECTION QUEUING (PCQ)

Mohammad Noviansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan informatika saat ini begitu cepat, bertukarinformasi dan berkomunikasi semakin cepat dan mudah dengan adanya internet. Untuk lebihefisien dalam penggunaan internet dan jika terjadi penggunaan bandwidth atau pemakaian yangberlebihan pada protokol Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan File Transfer Protocol (FTP),sehingga protokol lain seperti protokol untuk kegiatan administrasi lainnya sering sekali tidakmendapat bandwidth dan mengganggu aktivitas berinternet walaupun sudah menggunakan 2koneksi Internet Service Provider (ISP) tetapi pendistribusian bandwidth masih kurang maksimaldan efisien. Permasalahan tersebut dapat diperbaiki dengan metode jaringan Load balancingMark Route dan Bandwidth limit Per Connection Queuing. Routing Mark Mikrotikmemungkinkan administrator jaringan untuk menandai paket berdasarkan atribut atau ip addressyang telah ditentukan dan mengatur gateway. Dengan routing mark Mikrotik, administratorjaringan dapat mengklasifikasikan paket ke dalam grup berdasarkan alamat IP address tujuan atau atribut lainnya dan mengatur gateway yang berbeda untuk setiap grup. Setelah dilakukannyaManagement Bandwidth dengan metode perconection Queue Tree, jaringan komputer menjadilebih efisien dan lebih merata pada tiap-tiap PC Client yang ada, sehingga penggunaan aksesinternet tanpa adanya gangguan akibat tidak mendapat akses internet.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...