Kegiatan pembelajaran matematika seringkali memberikan tidak memberikan makna yang berkesan bagi peserta didik, sehingga rumus atau formula yang dipelajari lebih mudah dilupakan ketika pelajaran dilanjutkan pada topik lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan guru untuk menjadikan pembelajaran matematika bermakna adalah dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses penemuan terbimbing berkaitan dengan pembuktian rumus luas lingkaran yang dialami peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2022 dengan melibatkan dua orang peserta didik kelas VIII di salah satu SMP di Kota Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil kerja siswa, hasil tes tulis siswa, catatan lapangan dan observasi. Seluruh data yang dikumpulkan kemudian disusun dan dideskripsikan untuk ditarik simpulannya. Penelitian menunjukkan bahwa proses penemuan terbimbing yang dilakukan peserta didik yaitu stimulasi, pernyataan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan simpulan. Melalui penemuan terbimbing peserta didik dapat membuktikan rumus luas lingkaran menggunakan rumus luas persegi panjang. Selain itu, kegiatan pembelajaran melalui penemuan terbimbing juga memberi motivasi pada peserta didik dan mendorongnya pada kegiatan kemandirian dan meningkatkan kepercayaan diri. Penggunaan alat peraga atau media dalam penelitian ini juga memberi dampak pada meningkatnya minat peserta didik belajar matematika dan menjadikan alat peraga sebagai jembatan pemahaman konkret dan abstrak peserta didik.
Copyrights © 2023