Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMK N 1 Tepus. Hal ini ditandai dengan Metode yang digunakan belum menarik perhatian siswa untuk aktif, sehingga siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi belajar dengan menggunakan Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan materi yang berbeda, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TKR SMK N 1 Tepus Pada Tahun 2017/2018 yang berjumlah 216siswa. Data hasil keaktifan siswa diperoleh dari lembar observasi selama proses pengajaran berlangsung, dan data hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua siklus yang ditempuh diperoleh data bahwa ketuntasan hasil belajar siswa berturut-turut sebesar 30 pada siklus I dan 50 pada siklus II. Ketuntasan hasil keaktifan siswa diperoleh 79 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pengajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar dan mengidentifikasi sejauh mana keaktifan siswa dalam pengajaran siswa kelas XI TKR SMK N 1 Tepus. Kata-kata kunci: Pengajaran Kooperatif Numbered Heads Together, Hasil Belajar.
Copyrights © 2019