SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Vol 2 No 1 (2015): SEUNEUBOK LADA

PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Imam Hadi Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2018

Abstract

Ruang lingkup IPS tidak lain adalah kehidupan sosial manusia di masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat inilah yang menjadi sumber utama IPS. Aspek kehidupan sosial apapun yang kita pelajari, apakah itu hubungan sosial, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah, geografi, ataupu politik, bersumber dari masyarakat. Sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang berprinsip pada keaktifan siswa dalam belajar, kerjasama dalam belajar, belajar sambil melakukan, dan belajar dalam suasana yang menyenangkan yaitu pembelajaran berbasis portofolio. Pembelajaran berbasis portofolio merrupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam hal ini siswa melakukan interaksi dengan lingkungan/luar kelas saat membangun dan memperoleh pengetahuannya. Sehingga pendekatan konstruktivisme sangat sesuai apabila digunakan dalam pembelajaran IPS.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jsnbl

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in ...