SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Vol 6 No 1 (2019): SEUNEUBOK LADA VOL 6 NOMOR 1 2019

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TURNAMEN BELAJAR DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN BERPROSES MATEMATIKA PADA SISWA SMA

Suparman Suparman Suparman (Universitas Terbuka UPBBJ Semarang)
Nurmawati Nurmawati (Universitas Terbuka UPBBJ Semarang)
Khoirul Anwar (Universitas Terbuka UPBBJ Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Pembelajaran memerlukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berorientasi model turnamen belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dijadikan panduan dalam proses pembelajaran dan bahan evaluasi keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran model turnamen belajar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemahiran berproses siswa. Model pengembangan menggunakan modifikasi 4-D dari model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang meliputi empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dempet tahun 2018/2019 yang terdiri dari 12 kelas, dengan subyek uji coba 3 kelas (dua kelas eksperimen dan satu kelas control). Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, LAPD, BPD, BPG, dan Tes Prestasi Belajar. Perangkat tersebut divalidasi oleh para ahli. Pengambilan data melalui pemberian tes dan observasi. Kegiatan observasi meliputi pengamatan terhadap kemampuan guru dalam melaksakan RPP. Data tes yang diolah dengan uji ketuntasan belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran turnamen belajar menghasilkan perangkat pembelajaran lebih praktis dan valid dengan analisis keterlaksanaan RPP, respon guru, serta respon siswa. Kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli atau pakar dan uji coba lapangan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:1)mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. 2) memperoleh perangkat pembelajaran model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. 3) menentukan efektifitas implementasi perangkat pembelajaran model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI. 4) menentukan kepraktisan model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) proses pengembangan perangkat pembelajaran model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI berjalan sesuai model 4D. 2) perangkat pembelajaran model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI yang dihasilkan valid dengan rata-rata validitas 93,65% (sangat baik). 3) implementasi perangkat pembelajaran model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI berjalan efektif, dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 78,80 dan tingkat ketuntasan sebesar 86,11%. Melalui uji – t diperoleh t hitung = 1,858 > ttabel = 1,684, artinya hasil belajar lebih dari 75,00 atau telah mencapai ketuntasan belajar 4) perangkat pembelajaran model turnamen belajar materi trigonometri kelas XI yang dihasilkan praktis, dengan keterlaksanaan RPP sebesar 3,91 (sangat baik), respon guru sebesar 3,67 (sangat baik) dan respon siswa sebesar 73,02% (respon positif).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsnbl

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in ...