Jurnal Keperawatan 'Aisyiyah
Vol. 9 No. 2 (2022): Jurnal Keperawatan 'Aisyiyah

Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang IGD

Sri Ariyanti (STIK Muhammadiyah Pontianak)
Rahmat Rahmat (Universitas '
Aisyiyah Bandung)

Surtikanti Surtikanti (Itekes Muhammadiyah Kalimantan Barat)
Tri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah salah satu bagian terpenting dari rumah sakit,sehingga diperlukan evaluasi kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan IGD. Studiini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan terhadapkepuasan pasien di instalasi gawat darurat. Desain penelitian menggunakan desainkuantitatif, khususnya desain cross-sectional. Teknik sampling menggunakan purposivesampling dengan sebanyak 232 responden. Intrumen yang digunakan yaitu kuesioner.Analisis data yang digunakan analisis univariat yaitu menjelaskan berdisribusi frekuensidata dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square. Kompetensi teknis ditentukan melaluianalisis statistik menggunakan uji Chi-Square, dengan hasil menunjukkan bahwa adahubungan antara faktor kompetensi teknis, akses pelayanan, kenyamanan, hubunganmanusia, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pasien dengan hasil (p-value = 0,000< 0,05). Hasil akses layanan, hasil kemudahan, dan hasil ketepatan waktu menunjukkanhubungan antara faktor kompetensi teknis sebesar (p-value = 0,014 < 0,05). Mutupelayanan berdasarkan kompetensi teknis, akses pelayanan, kenyamanan, hubunganantar manusia, dan ketepatan waktu mempengaruhi kepuasan pasien di IGD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jka

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Focus and range of encryption include: Nursing Basic Nursing Medicals Surgery Management Nursing Nursing Critical Nursing Community Nursing Psych Nursing Geriatric Nursing Family Nursing Maternity Nursing Children Education in Nursing Promotion Health Health ...