Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang diajarkan dengan metode tipe Make A Match pada siswa kelas IV SDN 141 Lembang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua kihlus, yakni siklus I dan siklus II untuk setiap siklusnya mengikuti langkah-langkah dimulai dalam perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 141 Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IVsebanyak 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan. Indikator keberhasilan adalah a) meningkatnya skor rata-rata hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II, dan b) meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal Jika 85% dari jumlah siswa memperoleh hasil belajar yang mencapai KKM IPA ditetapkan di sekolah 70,00. Kesimpulan yang diemukan peneliti meliputi: a) Skor rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 70,92% menjadi 79,57% pada siklus II. b) Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 60% menjadi 85% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai, dan c) Aktivitas dan tanggapan siswa rata-rata persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 45% menjadi 52,73% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai pembelajaran dari siklus I sebesar 25% menjadi 15% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui Metode Tipe Make a Macth pada kelas IV SDN 141 Lembang Kabupaten Pinrang.
Copyrights © 2022