Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving

Jumrah Jumrah (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang)
Sri Anggriani (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Metode Problem Solving, 2) Untuk dapat meningkatkan Ketuntasan individu maupun ketuntasan klasikal siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Metode Problem Solving, dan 3) Untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Metode Problem Solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pinrang, dan jumlah siswa tersebut ialah 25 siswa dengan jumlah laki-laki ada 11 siswa dan perempuan 14 siswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 78,65 menjadi 83,18 pada siklus II, 2) Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 66,7% menjadi 91,7% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai. Dan 3) Aktivitas dan tanggapan siswa: a) Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 41% menjadi 47% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran dari siklus I sebesar 26% menjadi 14% pada siklus II. serta, b) Berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa hampir semua siswa menyukai matematika, dan senang Metode Problem Solving serta setuju jika model ini diterapkan di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...