Perilaku entrepreneur (wirausaha) perlu dibangun sejak di sekolah, dengan pembentukan sikap menjadi pribadi mandiri, memiliki kecakapan hidup (life skill) dan melatih leadership (kepemimpinan) peserta didik. Dengan sikap mandiri, siswa dapat mendayagunakan potensi diri dan kreatifitas untuk menghasilkan atau minimal mencukupi kebutuhan dirinya sendiri. Sikap dan perilaku entrepreneur perlu ditanamkan sejak di sekolah, dengan mengajak siswa selalu berpikir positif, dan berorientasi jauh ke depan. Berperilaku profesional, artinya punya tanggung jawab, berpenampilan rapi, dan latihan mengambil keputusan. SMK menjadi tempat yang sangat strategis untuk menumbuhkan bakat wirausaha. Maka, perlu dikondisikan melalui jalur intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler. Harapannya, dengan kondisi lingkungan yang menerapkan perilaku entrepreneur, siswa menjadi terbiasa untuk menerapkan. Dan, pada akhirnya, akan menjadi karakter kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat dan pandangan siswa SMK sebai entrepreneur milenial di era digital ini, bagaimana mereka memanfaatkan media social sebagai market place dalam menjalankan bisnisnya melalui kegiatan digital marketing. pengambilan data hasil dilakukan dengan penyebaran angket dan metode studi literatur sebagai sumber pendukung penelitian ini.
Copyrights © 2023