Jurnal Pengabdian Ilung (Inovasi Lahan Basah Unggul)
Vol 2, No 3 (2023)

Kemitraan Penguatan Strategi Pemasaran Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan Kota Banjarmasin

Trisylvana Azwari (Sinta ID
6738025 - FISIP, Universitas Lambung Mangkurat)

Muhammad Riduansyah Syafari (FISIP - Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Nur Iman Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Kelompok pengolah hasil ikanĀ  kota Banjarmasin merupakan kelompok pemberdayaan masyarakat yang berada di bawah pendampingan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin (DKP3). Berdirinya kelompok pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah produk hasil ikan serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. Namun terdapat permasalahan yang dihadapi oleh kelompok pengolah hasil ikan di kota Banjarmasin, yaitu: 1) pendapatan berkurang akibat terjadinya pandemic covis-19. 2) kurangnya pemaham tentang pemasaran berbasis digital marketing karena masih memakai teknik manual. Metode yang digunakan adalah kooperatif-partisipasi dengan melibatkan beberapa anggota kelompok pengolah hasil ikan. Hasil dari pengabdian ini adalah pembinaan dan penguatan dari sistem digital marketing dan relationship marketing untuk menunjang penjualan kelompok dari hasil ikan tersebut. Pemaparan tentang strategi digital marketing di lihat dari 4C yaitu customer, cost, communication, dan convenience. Sedangkan tujuan adanya relationship marketing adalah 1) menemukan life time value dari pelanggan dan terus diperbesar dari tahun ke tahun; 2) menggunakan profit yang didapat dari tujuan tadi untukĀ  mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah; dan 3) tujuan jangka panjang dari RM adalah menghasilkan keuntungan terus menerus dari dua kelompok pelanggan tetap dan pelanggan baru. Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu menunjang dan mempermudah kelompok pengolah hasil ikan kota Banjarmasin dalam menerapkan pemasaran melalui media sosial .Kata kunci: hasil ikan; digital marketing; relationship marketing

Copyrights © 2023