Abstrak Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa, tes pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan metode mind mapping. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 101660 Bahal. Berdasarkan hasil angket dan observasi, minat belajar siswa mengalami peningkatan dengan kriteria baik. Pada pra tindakan, jumah siswa yang mendapatkan skor minat belajar siswa ≥76 dengan rata-rata sebesar 62,8%. Pada siklus I, meningkat menjadi 73,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,25% Selanjutnya, data hasil belajar pada pra tindakan, yaitu jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥75 (KKM) yaitu ada 9 siswa (45%). Pada siklus I, meningkat menjadi 14 siswa (70%), kemudian pada akhir siklus II, meningkat menjadi 19 siswa (95%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101660 Bahal
Copyrights © 2020