Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi ReTII
2022: Prosiding Seminar Nasional ReTII ke-17

Analisis Frekuensi Natural Velg Ring 16 Menggunakan Finite Element Method

Angger Bagus Prasetiyo (Unknown)
Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta)
Sutrisna (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta)
Iman Pradana A. Assagaf (Teknik Manufaktur Industri, Politeknik ATI Makasar)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Komponen kendaraan otomotif terus mengalami kemajuan desain dan bermacam variasi bentuknya, salah satunya adalah velg. Terdapat dua jenis velg yang beredar dikalangan masyarakat yaitu velg berbahan baja dan velg berbahan paduan aluminium. Pada umumnya velg paduan aluminium ini terjadi kerusakan pada bagian bibir velgnya akibat deformasi plastis, atau pecahnya spoke akibat gaya dan tengan yang melebihi nilai tegangan maksimumnya. analisis tentang bentuk frekuensi natural velg ring 16 dan bentuk normal dengan menggunakan bantuan perangkat lunak ANSYS Workbench, hal ini guna untuk mengetahui deformasi bentuk velg apablia terjadi kegagalan, selain itu mempermudahkan para designer untuk analisis design. Pada penelitian ini material pemodelan velg ring 16 menggunakan bahan aluminium alloy. Analisis mode getaran dengan menggunakan bantuan perangkat lunak ANSYS Workbench. Hasil analisis frekuensi natural velg ring 16 secara berturut-turut sebesar 207,68Hz, 209,1Hz, 347,37Hz, 348,37Hz, 416,45Hz, 443,42Hz, 860,36Hz, 863,1Hz, 1166,7Hz, 1168,8Hz. Kenaikan frekuensi terbesar terjadi pada mode getaran keenam menuju orde ke tujuh, dengan nilai kenaikan sebesar 416,94Hz. Nilai deformasi maksimum velg ring 16 secara berturut-turut sebesar 16, 592mm, 16,593mm, 21,887mm, 21,965mm, 11, 388mm, 11,48mm, 22,231mm, 22,445mm, 13,731mm, 13, 537mm.

Copyrights © 2022