El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education
Vol. 1 No. 2: OKTOBER 2022

KONSEP MAQASHID Al-SYATIBI TENTANG KEBUTUHAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

Sinta Kasim (Universitas Cokroaminoto Makassar)
Munawwarah Sahib (Universitas Cokroaminoto)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep Maqashid al-Syatibi tentang kebutuhan dan relevansinya terhadap pemberdayaan usaha mikro kecil menengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dengan pendekatan peneliian yakni pendekatan sosiologis ekonomi dan pendekatan teologi normatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Maqashid al-Syatibi tentang kebutuhan sangat relevan dengan pemberdayaan usaha mikro kecil menengah. Karena konsep Maqashid al-Syatibi menekankan kemashlahatan dalam setiap kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan. Dengan menerapkan konsep mashlahah dalam setiap kegiatan UMKN maka akan mengontrol setiap kegiatan dan menghindari kecurangan sehingga pastinya akan berdampak baik bagi masyarakat dan bagi kelangsungan UMKN itu sendiri. Ada tiga hal yang perlu dibenahi untuk menciptakan nilai kesejahteraan dalam pemberdayaan UMKM yaitu (1) Strategi pemasaran, (2) Kerjasama antar Pemerintah, pihak Swasta dan pelaku UMKM, (3) Faktor psikologis masyarakat. Untuk memberdayakan UMKN, maka harus menggunakan strategi-strategi yang tepat dengan tidak melupakan tujuan aktivitas ekonomi yaitu kemashlahatan sebagaimana yang tertuang dalam konsep Maqasid al-Syatibi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

el-fata

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

El-Fata publishing articles in the field of Sharia Economics and Islamic Education, with scope for the field of Sharia Economics: Islamic Ecnomic Philosophy, History of Islamic Though, Islamic Economic and Contemporary Issues, Non-Bank Islamic Finance Institutions, Islamic Banking Management, ...