Jurnal Peradaban Masyarakat (JPM)
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Peradaban Masyarakat (JPM)

Pelatihan Jurnalistik untuk Menangkal Gurita Informasi Hoax bagi Generasi Milenial di Kalimantan Tengah

Suprayitno Suprayitno (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia)
Riamona Sadelman Tulis (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia)
Meilianna Devita Christina (3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Keterampilan literasi memiliki pengaruh penting bagi keberhasilan generasi muda. Keterampilan literasi yang baik akan membantu generasi muda dalam memahami informasi baik lisan maupun tertulis. Dalam kehidupan, penguasaan literasi pada generasi muda sangat penting dalam mendukung kompetensi-kompetensi yang dimiliki. Peningkatan kualitas diri pemuda di Kalimantan Tengah dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan keberanian dalam menuangkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk tulisan. Hal tersebut akan membangkitkan optimisme dalam menjawab tantangan global. Dilatarbelakangi hal tersebut maka ada program pengabdian kepada masyarakat yaitu Pelatihan Jurnalistik Untuk Menangkal Gurita Hoax Bagi Generasi Milenial di Kalimantan Tengah. Berita palsu atau yang dikenal dengan istilah populer “hoax” bisa bertebaran dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan, foto, dan video. Di era ini, semua orang bisa menggunakan media sosial, dan berita hoax jadi sangat mudah tersebar. Mengingat dampaknya sangat buruk, setiap orang pasti ingin menghindarinya. Terutama ketika ada isu penting yang tersebar di tengah masyarakat, tentu kamu ingin mendapatkan informasi yang valid dan berkredabilitas agar bisa up to date dengan kabar terkini. Karena dilatarbelakangi tersebut, kiranya penting bagi generasi milenial untuk dibekali kemampuan saring sebelum sharing informasi yang ingin dipublikasikan mereka khususnya diberbagai portal media sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

peradaban

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Peradaban Masyarakat adalah jurnal yang diterbitkan LPPM STIE Hidayatullah Depok. Cakupan dan Fokus Jurnal Peradaban Masyarakat, meliputi bidang pengabdian ...