Jurnal Basicedu
Vol 7, No 1 (2023): February

Minat Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Andri Rustandi (Universitas Jambi)
Urip Sulistio (Universitas Jambi)
Irma Suryani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Perkembangan IPTEK yang cepat di masyarakat mewajibkan pendidik untuk selalu mengikuti perkembangan baru di bidang keahlian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang sarana daan prasarana, baik itupun faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini ialah melihat bagaimana minat belajarysiswa serta faktor-faktorĀ  apa yang mempengaruhiydalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP 25 Merangin. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang berlandaskan filsafat postpositivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di SMP Negeri Merangin sudahymemiliki kriteria minat belajar bahasa Indonesia berdasarkan Indikator MinatyBelajar. Dari hasil observasi siswa sangat senang mengikutiypembelajaran di kelas, kemudian siswa juga memperhatikan penjelasan yang disampaikanuoleh guru di kelas, sebagian besar siswautidak tertarik untuk mempelajariymata pelajaran Bahasa Indonesia karena materinya terlalu sulit dimengerti. Dari hasil penelitian ini dapatudisimpulkan bahwa dorongan pendidik dapat merangsang minat siswa dengan memberikan strategi dan metode yang menarik dalam kegiatan mengajar dan harus selalu memberikan motivasi dan semangat kepada setiap siswa khususnya pada mata pelajaranyBahasa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...