Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 1 No. 1 (2022)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII.8 MTSN 1 OKU TIMUR MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING

Syamsinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi teorema pythagoras. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 OKU Timur yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, dan observasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII.8 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 OKU Timur pada siswa melalui penerapan Problem Based Learning. Data prasiklus dengan nilai rata-rata kelas 57,92 dengan persentase ketercapaian KKM 36,11% atau 13 siswa tuntas dari 36 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 67,78 atau 19 siswa tuntas (52,78%) tetapi nilai ini belum mencapai KKM 69 yang telah disepakati. Pada siklus II meningkat menjadi 88,89% atau 32 siswa tuntas dengan rata-rata nilai siswa 82,92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi teorema pythagoras sehingga layak untuk diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 OKU Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...