Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): JAMSI - Maret 2023

Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non-organik di SDN Banjarharjo 07 Jawa Tengah

Tri Aji Purnomo (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)
Diah Sunarsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2023

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan krusial yang dihadapi Indonesia. Akan tetapi, kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah masih belum optimal. Pentingnya pendidikan mengenai pengelolaan sampah perlu dilakukan sejak dini agar dampak negatif sampah bisa diminimalisasi. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memupuk kesadaran serta meningkatkan pemahaman anak-anak sekolah dasar mengenai pentingnya melakukan pemilahan sampah serta membuang sampah dengan benar terkait sasaran kegiatan sesuai dengan jenisnya. Kegiatan ini berupa penyuluhan dan hands-on experience, dimana anak-anak Sekolah Dasar Negeri Banjarharjo 07 Jawa Tengah langsung diajarkan untuk memilah sampah dan memasukkan sampah tersebut ke tong sampah organik atau non-organik yang telah disediakan. Hasil yang di dapat adalah pemahaman yang meningkat tentang pengelolaan sampah serta penerapan yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar dimulai dari lingkungan serta kesehariannya sendiri, sehingga tercipta suasana lingkungan sekolah yang nyaman, bersih, dan sehat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...