Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2023): Januari - April 2023

Interactive multimedia development in opportunity competence using macromedia flash

Rolina Amriyanti Ferita (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)
Endang Wahyuningsih (Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pada kompetensi peluang menggunakan macromedia flash. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain ADDIE, yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta, dan subjek penelitiannya adalah ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar evaluasi, dan angket respon. Lembar validasi digunakan untuk dua orang dosen validator. Lembar evaluasi untuk ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Adapun angket respon untuk siswa. Data kuantitatif dari lembar evaluasi berskala likert (1-4) dihitung rata-ratanya kemudian dikonversi menjadi lima kategori dari sangat tidak baik sampai sangat baik, sedangkan data kualitatif dari angket respon siswa diberi skor sesuai tingkatannya lalu dihitung rata-rata kemudian juga dikonversi menjadi lima kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan masuk kategori baik, diperoleh dari skor lembar evaluasi ahli media sebesar 3,06, ahli materi sebesar 3,31, skor rata-rata guru sebesar 3,26, dan skor rata-rata siswa sebesar 3,12. Adapun hasil dari angket respon siswa masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,04.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...