Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pada kompetensi peluang menggunakan macromedia flash. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain ADDIE, yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta, dan subjek penelitiannya adalah ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar evaluasi, dan angket respon. Lembar validasi digunakan untuk dua orang dosen validator. Lembar evaluasi untuk ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Adapun angket respon untuk siswa. Data kuantitatif dari lembar evaluasi berskala likert (1-4) dihitung rata-ratanya kemudian dikonversi menjadi lima kategori dari sangat tidak baik sampai sangat baik, sedangkan data kualitatif dari angket respon siswa diberi skor sesuai tingkatannya lalu dihitung rata-rata kemudian juga dikonversi menjadi lima kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan masuk kategori baik, diperoleh dari skor lembar evaluasi ahli media sebesar 3,06, ahli materi sebesar 3,31, skor rata-rata guru sebesar 3,26, dan skor rata-rata siswa sebesar 3,12. Adapun hasil dari angket respon siswa masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,04.
Copyrights © 2023