Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh pemberdayaan psikologis terhadap komitmen organisasi yang dimediasi oleh kepuasan kerja pada guru SMK swasta di wilayah Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini berjumlah 182 responden, dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 125 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan program Smart PLS 3.0. Model yang digynakan dalam penelitian ini adalah mode sebab akibat (causal modeling) atau hubungan dan pengaruh. Dalam penelitian ini dilakukan uji deteksi variabel mediasi dengan menggunakan Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan psikologis berpengaruh secara langsung yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, selanjutnya kepuasan kerja berpengaruh secara langsung yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, selanjutnya pemberdayaan psikologis berpengaruh secara langsung yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, serta pemberdayaan psikologis berpengaruh secara tidak langsung yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi yang dimediasi oleh kepuasan kerja.
Copyrights © 2023