JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi)
Vol. 9 No. 1 (2023): Februari 2023

Implementasi Total Quality Management (TQM) Leader Untuk Kepuasan Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut di Jakarta

Ilham Arief (Universitas Yarsi)
Any Setianingrum (Universitas Yarsi)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Total Quality Management (TQM) saat ini diyakini menjadi solusi untuk meningkatkan efektifitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pelanggan. Indikator utama dari penerapan TQM ini adalah kepemimpinan. Studi ini memiliki tujuan guna mengidentifikasi bagaimana pengaplikasian TQM Leader Rumah Sakit Gigi dan Mulut Yarsi Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dari 50 tenaga rumah sakit melalui pemanfaatan metode pengumpulan data yakni angket self-administered. Responden dari studi ini yakni tenaga kesehatan medis dan non medis RS Gigi dan Mulut Yarsi. Hasil dari penelitian ini dalam penerapan prinsip TQM Leader di RS Gigi dan Mulut Yarsi sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) is an electronic independent international scientific and academic journal that aims to publish scholars’ original and high-quality manuscripts and reports in all fields of business. JEMSI adheres to an open access policy to accelerate the ...